Membaca Cerpen Alice Walker, “To Hell with Dying” (1968)

Jika ingin membuat cerpen dengan pendekatan karakter, barangkali “To Hell with Dying” karya Alice Walker (1968) dapat dijadikan salah satu model. Cerpen ini mengisahkan tentang sosok Mr. Sweet, seorang lelaki kulit hitam, alkoholik, pengidap diabetes, dan seniman gitar, yang tinggal di pedalaman Amerika Serikat pada sekitar paruh pertama abad dua puluh.

Cerita disampaikan melalui sudut pandang orang pertama, seorang perempuan yang mengenal Mr. Sweet sejak dia masih kecil hingga dewasa. Keluarganya pun amat dekat dengan lelaki itu. Tiap kali Mr. Sweet jatuh sakit dan seakan sekarat, mereka ramai-ramai mendatangi gubuk lelaki itu dan berusaha “menghidupkan”nya kembali. Namun pada akhirnya mereka tak lagi kuasa menahan maut menjemput Mr. Sweet pergi.

Tokoh Mr. Sweet rupanya didasarkan pada sosok yang benar-benar ada. Demikian dibeberkan Alice Walker dalam tulisannya, “Remembering Mr. Sweet” dalam The New York Times Book Review, selang dua puluhan tahun sejak cerpen itu diterbitkan. Mr. Sweet yang asli persis seperti yang digambarkan Alice Walker dalam cerpennya. Ia seniman gitar yang suka duduk-duduk di dapur rumah kakek-neneknya. Mereka memberinya makanan dan duduk berkumpul di sekitarnya, sementar ia membawakan lagu. Namun rupanya ingatan Alice Walker sebatas itu, dan samar pula. Meski begitu, ia tahu bahwa Mr. Sweet merupakan sosok langka yang sudah menjadi bagian dari keluarganya, dan mereka sangat menghargainya, sekalipun lelaki itu pemabuk, penjudi, dan kadang “menggila”. Barangkali karena ia seniman, maka, terlepas dari segala permasalahannya itu, karismanya dapat menimbulkan empati dan perenungan bagi siapa saja melalui musik dan lirik gubahannya.

Dalam cerpen, pengalaman dengan Mr. Sweet itu dikembangkan sehingga hubungan antara si narator (yang mewakili pengarang)–beserta keluarganya–dan lelaki itu lebih intens daripada kenyataannya. Bagaimanapun, dalam kenyataannya, walau mengenal Mr. Sweet sekilas saja, sosok itu telah menjadi semacam idola bagi si pengarang. Ia juga ingin menjadi seniman, berkulit hitam, miskin, dan terlebih lagi: seorang wanita–yang posisinya acap termarjinalkan. Maka ia sedih sekali ketika mendapat kabar bahwa Mr. Sweet meninggal, dan tidak dapat menjenguknya pula karena tidak punya uang.

Di samping romantika yang jelas terasa antara si narator (atau si pengarang) dan Mr. Sweet (malah mungkin itu merupakan suguhan utamanya), mengetahui kenyataan tentang sumber inspirasi cerpen ini menambahkan kesan wishful thinking. Namun terlepas dari romantisasi itu–bagaimanapun juga cerpen ini merupakan karya fiksi–kedekatan antara keluarga si narator dan Mr. Sweet menarik untuk diperhatikan. Apalagi jika itu dibandingkan dengan kenyataan di lingkungan kita. Barangkali kasih sayang antar tetangga seperti yang ditunjukkan dalam cerpen ini bukanlah hal yang lazim di lingkungan tertentu. Jangankan dengan yang “cuma” tetangga seperti Mr. Sweet, dengan orang serumah pun belum tentu kita dapat menunjukkan kasih sayang secara intens.

(Saya mencoba menerjemahkan cerpen ini ke dalam bahasa Indonesia, hasilnya bisa dilihat di sini.)

Advertisements

4 thoughts on “Membaca Cerpen Alice Walker, “To Hell with Dying” (1968)

  1. Menarik sekali ya kak? Karakter Mr. Sweet yang penuh kekurangan ternyata bisa membuat orang-orang lain bersimpati padanya, bukan malah menjauhi. Ulasan kakak bagus, nanti Mimin akan berkunjung juga ke posting terjemahan kakak atas cerpen ini.
    Salam Apresiana 🙂

    Like

    1. Saya juga jadi mendapat inspirasi cara menampilkan terjemahan dengan teks aslinya per paragraf dari blog Raysa, hehehe. Sama2. Terima kasih sudah berkunjung balik 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s